Kita Peduli Kita Bisa Atasi

Mengenang 2 Tahun di Sawit

DSCN2426 (Small)Maret 2007 tanggal 26 para faskel yang berada dibawah manajemen KMW XIII Magelang dimobilisasi ke kabupaten masing-masing, termasuk Kabupaten Boyolali. Diselingi dengan kegiatan-kegiatan coaching di kantor Koordinator Kota Boyolali, Tim Sawit (demikian kami menyebut diri karena mendampingi desa-desa di Kecamatan Sawit) mulai menjalankan apa yang menjadi tanggung jawab kami. Diawali dengan melakukan pemetaan sosial di delapan desa dampingan yakni Desa Gombang, Desa Manjung, Desa Kateguhan, Desa kemasan, Desa Cepokosawit, Desa Jenengan, Desa Tegalrejo serta Desa Tlawong.
Berlima kadang kita bersama-sama datang ke kelurahan, tetapi sering juga kita membagi diri menjadi dua. Salain Desa Jenengan dan Desa Tlawong, desa lainnya baru saja melakukan pemilihan lurah baru. Nah berhubung lurah baru belum dilantik maka kita menemui Penjabat Lurah, yang terkadang karena secara psikologis bukan lurah maka ketika menerima kita kadang dengan kurang bersahabat. Tetapi kita tanggapi dengan santai, karena sia-sia dong bila kita masukkan ke hati sebab sudah 12 hari kita digodog di Kaliurang untuk mengemban misi mulia mengembalikan watak manusia sesuai dengan fitrahnya. Ceilah… Hal tersebut justru kita jadikan tantangan. Pemberdaya sejati tak boleh takluk dan patah semangat…gitu Brur..
Bermacam tanggapan yang kita peroleh selama kita mengenalkan diri sambil melakukan pemetaan sosial. Ada yang pragmatis, menganggap sama seperti program-program lainnya, atau kadang dibanding-bandingkan dengan PPK yang juga pernah merambah kecamatan ini. Tetapi ada juga yang tertarik dengan konsep kami. Diluar itu semua kita selalu meyakini dan percaya bahwa P2KP adalah solusi yang paling tepat untuk penanggulangan kemiskinan (setidaknya sampai saat ini). Ini baru langkah awal bung.. Masih banyak orang-orang baik yang hanya belum ketemu saja untuk mau kita ajak berpikir, juga berkorban untuk masyarakat serta lingkungannya..
Yeah… Masih jauh perjalanan yang musti kita tempuhi. Kita jalani saja. Tentu dengan idealisme yang telah terbangun. Kalau suatu ketika lelah atau bad mood ya kita jalan-jalan, main game computer, atau melamun sambil dengerin lagu blues…So long…It was so long ago…But I still got the blues for you…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s