Kita Peduli Kita Bisa Atasi

Menjadi pintar adalah upaya kita semua……

Pendidikan merupakan  salah  satu  unsur  yang  sangat  penting dalam  kehidupan social di masyarakat umum.  Seseorang yang memiliki pendidikan baik serta character building maka sudah dipastikan akan survive dalam menjalani kehidupannya. Pendidikan memiliki peranan penting dalam character building seorang anak, sehingga diharapkan hal tersebut sudah tercipta pada usia-usia awal pembelajaran yang sering di sebut dengan usia dini.

Mengingat hal tersebut maka peran dari pendidikan usia dini di dalam masyarakat perlu diperhatikan, bahwa sudah menjadi sebuah kubutuhan umum adanya sebuah fasilitas PAUD. Peran pemerintah dalam masalah pendidikan sangatlah focus, segala sesuatu untuk bidang pendidikan ini di fasilitasi dengan baik. Begitu juga ke jajaran daerah sangat baik dalam memfasilitasi hal tersebut. Untuk kabupaten Boyolali hal tersebut sudah sejak dulu benar-benar dirasakan peran serta dari berbagai pihak, terbukti dengan banyaknya bantuan yang diberikan untuk bidang pendidikan ini.

Kali ini Pemerintah Desa Sawahan tidak lah ingin berdiam diri dalam hal tersebut, dibuktikan dengan peremcanaan yang matang mengenai sebuah fasilitas pendidikan bagi warganya yang kurang mampu. Perencanaan yang matang ini di mulai dengan pembangunan gedung PAUD yang lokasinya merupakan tanah hibah dari Pemerintah Desa. Luas dari lokasi tersebut kira-kira mencakup 288 M2, dimana luas bangunannya 72 M2. Pada tahap perencanaan di anggarkan biaya sebesar Rp 96.994.000,- (Sembilan puluh enam juta sembilan ratus sembilan puluh empat juta rupiah) dimana alokasi dana pendamping PAKET untuk APBD Rp 23.000.000,- (Dua puluh tiga juta rupiah) untuk APBN Rp 47.000.000,- (Empat puluh tujuh juta rupiah). Sedangkan untuk perencanaan  swadaya dari masyarakat Rp 26.994.000,- (Dua puluh satu juta Sembilan ratus Sembilan puluh empat rupiah).

Namun pada realisasinya ternyata swadaya yang ada di masyarakat bertambah besar menjadi Rp  28.000.000,- (Dua puluh delapan juta rupiah). Peran partisipasi warga pun sangat lah baik mengingat lokasi pembangunan PAUD tersebut di wilayah kantung kemiskinan. Kaum wanita selama proses pembangunan ini benar-benar terasa, mengingat mereka memang sudah sejak lama mendambakan adanya sarana pendidikan bagi anak-anaknya yang usia dini. Gedung ini dipastikan bisa menampung 30 sampai dengan 40 orang anak, dengan usia antara 2 sampai 4 tahun. Tenaga pengajar untuk sementara ini masih bersifat relawan berpengalaman yang mau membantu untuk memberi pengajaran bagi siswa-siswa kurang mampu tersebut. Banyak harapan dari perkembangan PAUD ini yaitu dapat mempercerdaskan para balita di desa Sawahan di usia pertumbuhannya. Amien (Tim Fasilitator P2KP Advance Kab. Boyolali.)

Oleh: Devi .. Tim Fasilitator PAKET

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s