Kita Peduli Kita Bisa Atasi

Rakyat Sehat Negara Pun kuat……

Kesehatan adalah hal yang sangat penting dari kehidupan kita. Suatu hal yang kehadirannya tidak pernah kita hiraukan tetapi ketika ‘dia’ menghilang kita benar-benar mengharapkannya kembali. Begitu juga hal nya dengan masyarakat Desa Manjung Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali begitu peduli dengan kesehatan. Sehingga mereka sangat begitu mendambakan sebuah sarana kesehatan yang memadai.

Setelah bertahun-tahun menunggu lama perencanaan pembuatan PKD yang telah tercantum dalam RPJM Desa, akhirnya membuahkan hasil yang nyata. Dalam program PAKET  2009 ini teridentifikasi dengan jelas perencanaan tersebut. Warga desa Manjung pun sangat antusias mendengar berita bahwa di desanya akan dibangun sebuah Poliklinik Desa yang ternyata penerima manfaatnya tidak hanya warga desa Manjung tetapi juga warga desa sekitarnya. Bahkan sampai lintas kabupaten karena desa Manjung letaknya perbatasan dengan Kabupaten Klaten yaitu desa Sidorejo.

Pemerintah Desa Manjung juga menaruh perhtian yang besar selama proses kegiatan ini berjalan. Sehingga dengan mudahnya sudah mengalokasikan dana APBDes-nya sebesar Rp 25.000.000,-. Sedangkan swadaya masyarakat dari seluruh desa dilakukan dengan penjadwalan yaitu masing-masing RT tiap minggu mengirimkan relawan sebanyak 20 orang yang membantu membangun gedung PKD tersebut. Dan bila dinominalkan swadaya tersebut bisa lebih dari Rp 25.000.000,- dengan perincian dana sebagai berikut APBN Rp 52.000.000,- APBD Rp 18.000.000,- APBDes Rp 25.000.000,- dan swadaya murni dari msayarakat Rp 28.800.000.

Dalam peng-operasionalannya PKD ini dibantu oleh seorang  Bidan Desa yang menyumbangkan prasarana alat kesehatannya walaupun untuk sistem operasional pengobatan ditingkat masyarakat disesuaikan dengan Perda Kesehatan Kab. Boyolali, direncanakan pula penerimaan pasien tidak hanya pada pagi hari namun sore hari pun akan terbuka untuk pasien-pasien. Disisi lain dari daftar PS2 yang ada di PJM BKM juga menjadi prioritas untuk pengobatan PKD ini. Begitu informasi yang diberikan oleh Koord. BKM Guyup Rukun Desa Manjung yaitu Bapak Mulyono. Sebab BKM merupakan ruh dari Pekem sendiri.

Menjaga kesehatan itu adalah penting sebelum sakit datang, maka dari itu bidan desa atau petugas kesehatan lainnya sering kali memberi penyuluhan di desa Manung ini. (Tim Fasilitator Advance – Paket 2009, Kab. Boyolali, KMW XIII).

Oleh : Devi .. Tim Fasilitator PAKET

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s