Kita Peduli Kita Bisa Atasi

PANASNYA WAJAN GORENGAN, MEMBUAT DINGIN HIDUPKU.

Oleh : Wiwin Aryani

Itulah kata kata yang terlontar dari bibir ibu rumah tangga yang bernama Suliyem. Beliau seorang wanita yang pantang menyerah demi menghidupi anak-anaknya sehingga pendidikan anak bisa tercapai dan kebutuhan sehari  hari tercukupi. Dengan keahlian membuat roti, beliau memberanikan diri untuk memulai usaha membuat roti. Peralatan yang digunakan untuk membuat roti yaitu: mixer, wajan penggorengan, pisau dll.
Usaha mulai dirintis sejak tahun 2000 dengan modal yang sangat minim sehingga tidak bisa mencukupi permintaan pelanggan, namun setelah beliau mengetahui adanya pinjaman bergulir di BKM “Ngudi Sejahtera” Desa Denggungan dan beliau mulai memanfaatkan program dari pemerintah akhirnya KSM tersebut mampu memenuhi permintaan pasar. Pinjaman awal yang diberikan pada KSM “Kanthil” sebesar Rp. 2000.000,- dan sekarang pinjaman tersebut mencapai Rp. 4.000.000,- untuk 5 orang anggota

Dengan penuh keyakinan dan perjuangan yang tak pantang menyerah Ibu Suliyem berhasil mengembangkan pemasaran produk tersebut lebih luas, adapun pemasaran tersebut meliputi : pasar kartasura, pasar colomadu, pasar banyudono dan pasar bangak. Selain wilayah tersebut warga desa Denggungan juga sering kali memesan roti buatan Ibu Suliem setiap ada hajatan ataupun acara  acara lain seperti rapat BKM, rapat Desa dll.
KSM “Kanthil” dalam memproduksi roti mempekerjakan 4 orang karyawan. KSM tersebut dinilai cukup kuat meskipun harga bahan baku melambung tinggi namun tetap bisa bertahan dengan strategi mengurangi profit sehingga konsumen tidak pindah ke lain tempat.
Belajar dari pengalaman dan kegigihan ibu Suliyem ini, kita sebagai wanita harus mampu menciptakan hal baru untuk menambah income keluarga sehingga hidup kita akan lebih sejahtera. (Wiwin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s